Memilih Sepatu Untuk Hiking

Sepatu gunung merupakan perlengkapan yang wajib digunakan dalam mendaki. Menggunakan sepatu tentunya akan meminimalisir resiko terjadinya kecelakaan, misalnya: tersengat binatang, kaki terkilir, tergores, bahkan terpeleset saat memanjat.

Meski saat ini masih sering kita jumpai banyak pendaki yang tidak menggunakan sepatu atau yang hanya menggunakan sandal bahkan bertelanjang kaki saat mendaki, tentunya hal ini bisa berbahaya.

Maka untuk itu pada artikel kali ini saya akan membahas tips - tips memilih sepatu gunung. Memilih sepatu gunung tidak harus seperti memilih pasangan ya kawan, susah, susah, mudah. Yang harus diperhatikan bukan hanya tampilannya yang keren tapi juga harus sesuai dengan isi dompet, tentunya harus nyaman saat digunakan.

Artikel ini saya buat untuk para pendaki atau traveller yang ingin membeli sepatu gunung tapi masih bingung hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli sepatu gunung.

Oke sobat, langsung saja saya bahas!

Nyaman

Tips memilih sepatu gunung yang pertama yaitu kenyamanan. Kenyamanan itu sangat penting, sama seperti memilih pasangan ya sahabat.

Misal, memilih sepatu yang kurang nyaman saat digunakan tentu akan membuat kaki kita kurang leluasa bergerak atau bahkan bisa melukai kaki kita dan juga membuat sepatu yang sudah kita beli menjadi mubazir dan cepat tidak terpakai.

Kalau mau beli sepatu, saya sarankan untuk mencobanya dulu. Maka untuk itu, membeli sepatu sebaiknya langsung, bukan online, karena dikhawatirkan barang yang dibeli tidak sesuai ekspektasi.

Memperbesar Satu Ukuran

Misal ukuran kaki Anda adalah 42, maka saat ingin membeli sepatu gunung sebaiknya memilih sepatu yang berukuran 43. Kenapa? Karena jika Anda mengukur kaki Anda 42 dan membeli sepatu dengan ukuran yang sama 42 pasti akan membuat jari-jari kaki Anda sakit.

Selalu sisakan satu ukuran lebih besar dari ukuran kaki. Untuk mengurangi dampak langsung dari gesekan dari kaki ke sepatu Anda.

Pilih Sepatu Yang Melindungi Pergelangan Kaki

Saat melakukan pendakian tentunya akan menemui tanjakan yang menurun, hal ini membuat Anda membutuhkan pergerakan yang dinamis dan kokoh.

Engkel adalah bagian kaki yang sangat penting untuk mendukung gerakan ini. Untuk itu, Engkel dan pergelangan kaki harus diberi perlindungan agar bisa meminimalisir terjadinya cedera pada bagian tersebut.

Tahan air

Jadi saat membeli sepatu sebaiknya memilih sepatu yang tahan air. Sehingga nantinya saat anda mendaki saat musim hujan atau harus melewati genangan air yang tidak terlalu tinggi, kaki anda akan tetap kering tanpa terkena air.

Jika Anda mendaki dengan kaki dan sepatu basah, Anda pasti rentan terhadap cedera yang lebih parah. Apalagi jika Anda bepergian selama berhari-hari. Kondisi kaki yang kering juga akan menghindarkan Anda dari hyoptermia.

Harus Cukup Ringan

Bayangkan bila anda menggunakan sepatu yang cukup berat tentunya akan membuat kaki anda berat dalam melangkah, kurang fleksibel, menambah beban anda dalam mendaki, juga menguras tenaga lebih banyak.

Pilih outsole sepatu yang sesuai dengan permukaan tanah

Seperti kita ketahui, medan pegunungan di Indonesia memang berbeda-beda. Misalnya: ada yang penuh kerikil atau batu besar, ada pula yang tanah, rawa, dan jalan licin. Di sinilah fungsi dari jenis sepatu outsole memegang peranan penting. Saat ini outsole sepatu bervariasi, ada yang lembut, sedang, dan keras.

Sol yang empuk berguna di medan berbatu agar tidak terpeleset, sol yang keras cocok untuk melintasi medan yang penuh dengan tanah. Gunakan Salomon Official Store untuk mencari sepatu terbaik untul mendaki.

Kalau saya lebih suka menggunakan Sol sedang karena medan pegunungan di Indonesia memiliki medan yang terdiri dari bebatuan licin, tanah lunak dan lumut.

Sol luar yang baik terbuat dari karet campuran dan memiliki jenis tapak yang bergerigi serta memiliki pola tapak yang bergerigi, sehingga dapat lebih menggigit tanah.

Bahan Sepatu

Menurut saya bahan sepatu yang bagus memiliki kriteria sebagai berikut: Membuat kaki terasa nyaman, dapat mengurangi resiko kaki melepuh, dapat menyerap keringat yang keluar dari kaki dan cepat kering.

Demikian artikel Tips Memilih Sepatu Gunung dari saya, semoga bermanfaat bagi yang membacanya. Aamiin


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini