6 Tips Merawat Motor Matic yang Wajib Anda Ketahui

Motor matic telah menjadi kendaraan idola masyarakat Milenial yang kekinian. Tak hanya mudah digunakan oleh wanita saja, banyak kaum pria yang tertarik menggunakan motor matic yang memiliki keahlian menembus kemacetan jalanan. Buat Anda yang ingin memiliki motor yang terawat dan bisa digunakan bertahun-tahun, sebaiknya mengetahui tips perawatan otomotif matic yang benar berikut ini. 


1. Melakukan pemanasan mesin motor secara rutin 

Sebelum menggunakan kendaraan matic untuk aktivitas harian, sebaiknya Anda melakukan pemanasan mesin motor minimal 5-10 menit. 

2. Mengetahui kecepatan gas motor yang baik 

Motor matic merupakan jenis otomotif yang mudah digunakan oleh siapa saja. Tinggal tekan gas, maka kendaraan bisa melaju sesuai keinginan pengemudi. Anda harus tahu perilaku mengemudi yang baik agar tidak merusak komponen mesin matic. Misalnya Anda tahu cara menurunkan gas motor saat kendaraan tengah melaju dengan cepat serta tidak langsung menaikkan gas saat berada pada kecepatan rendah. 

Trik menstabilkan kecepatan wajib Anda terapkan kalau ingin umur mesin matic jangka panjang. Tak hanya bisa menjaga mesin tetap bagus, kecepatan yang stabil bisa menjaga pemakaian van belt. Setidaknya Anda tidak perlu mengganti van belt yang memiliki umur ideal 3 tahun sebelum masa pemakaian habis. 

3. Rutin mengecek tangki bensin 

Jangan pernah membiarkan tangki bensin kendaraan kesayangan Anda kehabisan bensin. Pasalnya, motor matic yang sering kehabisan bensin bisa berisiko mogok di jalan atau mesin rusak. Untuk motor matic, usahakan segera mengisi bahan bakar begitu tanda di speedometer pada huruf E. 

4. Melakukan penggantian oli secara berkala 

Anda wajib melakukan penggantian oli secara berkala demi menjaga kelangsungan performa mesin tetap optimal. Biasanya motor matic memerlukan penggantian oli gardan saat menempuh jarak sekitar 5 ribu kilometer. 

5. Merawat aki 

Aki yang tekor merupakan masalah umum yang sering dikeluhkan pengguna motor matic. Sebagai pengguna setia, Anda harus rutin melakukan perawatan aki dengan mengganti aki setiap 7-8 bulan sekali. Setidaknya Anda bisa mendapatkan jaminan power motor matic tetap prima tanpa harus menggunakan teknik manual untuk menyalakan mesin motor. 

Jika motor matic Anda memiliki bobot yang cukup besar, Anda tentu kewalahan untuk menyalakan mesin motor, bukan? 

6. Rajin memeriksa van belt dan roler
'
Van belt motor matic terbuat dari karet yang bisa saja mengalami putus di tengah jalan. Anda jelas tidak menginginkan kejadian buruk tersebut, bukan? Pastikan untuk memeriksa kondisi van belt dan roler saat Anda melakukan servis berkala. Servis berkala bisa mendukung perawatan dan pemeliharaan komponen motor terjaga dengan baik. Jika terjadi kerusakan yang membuat Anda perlu ganti suku cadang, pastikan membeli produk yang legal dan bergaransi resmi, ya!

Selain tips merawat motor matic di atas, Anda juga wajib mencuci dan mengelap bodi motor secara rutin. Mencuci motor setelah hujan bisa mencegah komponen alami korosi atau berkarat. Motor matic Anda juga bisa terlihat lebih kinclong dengan teknik pencucian yang tepat. Banyak tempat servis terpercaya yang menawarkan paket layanan cuci motor sekaligus yang bisa Anda manfaatkan.

Berkendara menggunakan otomotif roda dua yang hanya perlu mengendalikan gas dan rem di tangan memang asyik. Anda hanya perlu mengatur kecepatan yang sesuai dengan kontur jalanan. Motor matic sangat cocok diajak berkendara mengelilingi jalanan kota yang menyenangkan. Yuk, rawat kendaraan matic agar bisa digunakan dalam waktu lama dengan performa yang masih menawan!


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini