Karakteristik dan Jenis Bunga Deposito yang Perlu Diketahui Sebelum Investasi di Deposito

Istilah deposito sudah sangat familiar bagi masyarakat, deposito merupakan produk simpanan bank yang setoran dan tarikannya hanya dapat dilakukan pada saat tertentu. Sedangkan bunga deposito adalah nilai yang harus diberikan kepada nasabah oleh pihak bank sebagai imbalan atas simpanan yang dilakukan oleh nasabah. 


Deposito telah menjadi andalan bagi para ibu rumah tangga, karena dapat menghasilkan tambahan pendapatan setiap bulannya. Semakin besar dan semakin lama deposito disimpan, bunga yang ditawarkan akan semakin besar pula. Akan tetapi bunga tersebut tidak dapat dicairkan kapan saja, harus sesuai dengan interval waktu yang telah ditentukan nasabah dan bank. Oleh karenya deposito sering digunakan oleh orang yang baru belajar investasi untuk mendapatkan keuntungan nilai uang simpanan

Karakteristik Deposito

1. Nominal minimal deposito

Lain halnya dengan tabungan biasa, untuk dapat memulai deposito nasabah harus memiliki dana sesuai dengan nominal yang ditetapkan bank. Besar nominal untuk deposito pada setiap bank berbeda-beda, bergantung pada kebijakan masing-masing bank.

2. Risiko yang rendah

Apabila dibandingkan dengan saham, deposito memiliki risiko yang lebih rendah. Umumnya, deposito seperti menabung di bank dan membiarkan nilainya tumbuh berdasarkan bunga deposito yang telah ditetapkan. Selain itu, rerata keuntungan yang didapatkan relatif stabil dan memberikan keamanan yang lebih tinggi.

3. Bunga keuntungan

Dibandingkan dengan tabungan biasa, suku bunga yang ditawarkan dalam deposito lebih tinggi. Hal ini berpotensi untuk menambah nilai uang yang Anda simpan dengan tingkat yang lebih signifikan dibandingkan dengan tabungan biasa. Keuntungan lainnya, saat ini sudah ada beberapa bank yang mengizinkan nasabah untuk membuka investasi online deposito melalui aplikasi mereka.

Jenis Bunga Deposito

Berbeda dengan jenis rekening koran, deposito berjangka dibagi ke dalam tiga jenis yaitu sebagai berikut:

1. Deposito tabungan dan buku kas

Dibandingkan dengan jenis deposito lainnya, deposito jenis ini lebih dikenal oleh para nasabah. Keuntungan dari deposito tabungan dan buku kas adalah tidak ada jatuh tempo. Akan tetapi, suku bunga deposito yang ditawarkan lebih rendah dari jenis deposito lainnya. Dana yang didepositokan oleh nasabah akan ditambah dan ditarik sesuai waktu yang diinginkan nasabah.

2. Sertifikat deposito berjangka

Deposito ini berbentuk sertifikat sebagai bukti bahwa perusahaan atau seseorang telah mendepositokan dana dengan jumlah tertentu pada sebuah bank. Nasabah tidak bisa menarik kembali dana yang telah disetorkan paling tidak dalam jangka waktu 30 hari atau lebih. 

3. Deposito berjangka dan rekening terbuka

Dengan deposito jenis ini, dana deposito dapat dikembangkan oleh pemiliknya sesuai keinginan masing-masing tanpa ada paksaan dari pihak bank. Akan tetapi, tetap harus menyesuaikan prinsip-prinsip deposito dan hanya boleh ditarik hingga waktu yang telah disepakati sebelumnya. Deposito terbuka dibagi menjadi dua jenis, yaitu Deposit on Call dan Deposit Automatic Roll Over.

Setelah membaca ulasan mengenai bunga deposito di atas, apakah Anda tertarik untuk berinvestasi dengan bunga deposito? Deposito dapat dijadikan pilihan yang tepat untuk investasi. Dengan beragam jenis deposito, Anda dapat memilih produk deposito sesuai kemampuan serta kebutuhan Anda.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini